Lompat ke isi utama

Berita

*Webinar Penanganan Pelanggaran* Integritas Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024

*Webinar Penanganan Pelanggaran* Integritas Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024

Sukoharjo- Bedah integritas penyelenggaraan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sukoharjo gelar webinar penanganan pelanggaran melalui media zoom meeting pada 29 Mei 2023 dari Ruang Media Center Kantor Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, yang dapat diikuti oleh masyarakat umum .

Dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, Bambang Muryanto menyampaikan bahwa suksesnya Penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya dari sisi Penyelenggara tapi juga dari sisi Pemilih dan Peserta Pemilu, integritas dari tiga komponen Pemilu ini yang harus kita jaga agar semua berjalan sesuai regulasi yang berlaku.

Webinar terkait Integritas Penyelenggaraan Pemilu ini dikupas oleh dua narasumber diantaranya Rini Triningsih, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukoharjo dan Edy Pranoto, Dosen Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

Pada kesempatan pertama Rini Triningsih menyampaikan pemaparan yang berjudul “Peran Kejaksaan Dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Pemilu 2024 Yang Berintegritas”, dalam pemaparan tersebut ia menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas diperlukan beberapa hal diantaranya regulasi yang jelas  guna antisipasi praktek kecurangan, Peserta Pemilu yang kompeten, Pemilih yang cerdas, birokrasi yang netral agar pelayanan publik tetap berjalan profesional tanpa diskriminasi serta Penyelenggara pemilu yang kompeten dan berintegritas, ujarnya.

Kesempatan yang sama Edy Pranoto dalam paparannya yang berjudul “Menjaga Integritas Penyelenggara Untuk Wujudkan Pemilu Yang Berkeadilan” bahwa aktor penting penentu kualitas Pemilu  diantaranya independensi penyelenggra, peserta dan pemilih (haknya dijamin tanpa paksaan) sehingga hasil Pemilu yang memiliki legitimasi yang kuat dan berkualitas serta berkeadilan. Ia juga berpesan bahwa suksesnya Pemilu ini menjadi tanggungjawab kita bersama.

Meskipun webinar dilaksanakan secara daring zoom meeting, Tim Media Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mengupload video webinar ini di kanal youtube Bawaslu Sukoharjo dengan judul “Ngulik #98 Integritas Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024” atau dapat diakses melalui laman :  https://www.youtube.com/watch?v=aV4kYvqRAF4.