Lompat ke isi utama

Berita

Rabu, 21 Juni : Bawaslu Sukoharjo Awasi Klarifikasi Ijazah dan Surat Bebas Narkoba Bacaleg Sukoharjo

Rabu, 21 Juni : Bawaslu Sukoharjo Awasi Klarifikasi Ijazah dan Surat Bebas Narkoba Bacaleg Sukoharjo

Sukoharjo – Rabu (21/06/2023), Tim Bawaslu Sukoharjo kembali awasi proses klarifikasi ijazah dan surat keterangan sehat Bacalon DPRD Kabupaten Sukoharjo oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sukoharjo di Surakarta dan Sukoharjo.

Muladi Wibowo, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menyampaikan bahwa, berbeda dengan sebelumnya. Hari ini (21/06/2023) selain melakukan pengawasan klarifikasi Ijazah di Sekolahan serta , Bawaslu Sukoharjo juga awasi klarifikasi KPU Sukoharjo terhadap Surat Keterangan dari Rumah Sakit terkait dokumen persyaratan Bacaleg Sukoharjo , katanya.

Tim Pengawasan dari Bawaslu Sukoharjo terbagi empat Tim Pengawas, sesuai dengan jumlah Tim Verifikator dari KPU Sukoharjo yang bertugas pada 21 Juni 2023 di beberapa tempat, antara lain :

  1. Muladi Wibowo dan Sri Mulyono pengawasan klarifikasi dua ijazah (satu Bacaleg PSI dan satu Bacaleg Nasdem) di MAN 1 Surakarta;
  2. Rochmad Basuki dan Agung Suryanto pengawasan klarifikasi satu Ijazah (Bacaleg PDI Perjuangan) di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dan empat Surat Keterangan Bebas Narkoba (dua Bacaleg PDI Perjuangan, satu Bacaleg PKS dan satu Bacaleg PAN) di Rumah Sakit Ir. Soekarno, Sukoharjo;
  3. Eko Budiyanto dan Efrizal Prasto N pengawasan klarifikasi satu ijazah (Bacaleg Golkar) di SMA Negeri 3 Surakarta;
  4. Ali Mursidi dan Hery Wibawa pengawasan klarifikasi satu ijazah (Bacaleg PAN) di Kampus STIES Surakarta.

Pengawasan dilakukan untuk memastikan verifikator dari KPU Sukoharjo melaksanakan klarifikasi sesuai regulasi yang berlaku, dimana dalam hal terdapat keraguan terhadap dokumen persyaratan administrasi Bakal Calon Legislatif, KPU Kabupaten/Kota dapat melakukan klarifikasi kepada instansi yang berwenang sebagaimana Pasal 46 ayat 1 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, tambahnya.