Lompat ke isi utama

Berita

Melalui Talk Show Live TATV, Bawaslu Kab. Sukoharjo Tingkatkan Peran Masyarakat Dalam Pengawasan

Wujudkan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020 yang aman, damai, sejuk dan berintegritas serta bermartabat. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menyampaikan kesiapannya dalam pelaksanaan pengawasan pada Program Talk Show Relasi Publik TATV pada Sening 24 Februari 2020 di Studio 1 TA TV Surakarta.

Sebagaimana hal tersebut sesuai dengan yang diamanatkan pada Pasal 104 huruf f Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota berkewajiban mengembangkan pengawasan Pemilu Partisipatif. Adapun kegiatan tersebut 2 (dua) anggota Bawaslu Kab. Sukoharjo yakni Eko Budiyanto dan Muladi Wibowo menjadi Narasumber pada Agenda Persiapan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dalam Pilkada Sukoharjo Tahun 2020 Pada Program Talk Show Relasi Publik TATV yang disiarkan secara langsung oleh TA TV

Pada kesempatannya Muladi Wibowo mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan pengawasan pada seluruh proses tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kab. Sukoharjo Tahun 2020.

Pemberian Buletin Kawal Pemilu Edisi Ke 2 dan Buku Risalah Demokrasi Bawaslu Kab. Sukoharjo

Selain itu, juga bertujuan “meningkatkan partisipasi masyarakat serta menjalin hubungan dengan masyarakat perlu dilibatkan dalam rangka serta mewujudkan pemilu yang dapat berlangsung secara demokratis. Adapun tujuannya masyarakat lebih faham dan mengerti apa saja yang menjadi pelanggaran dalam penyelenggaraannya.

Lebih lanjut dikatakan Eko Budiyanto menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir atau menghindari terjadinya kecurangan pada setiap tahapan, sehingga meminta kepada masyarakat untuk aktif dalam melakukan pengawasan.

“Optimalkan peran masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjadi sangat penting sehingga masyarakat ikut terlibat dalam melaksanakan tugas pengawasan”. tutupnya.

Usai kegiatan siaran langsung Bawaslu Kab. Sukoharjo memberikan Buletin Kawal Pemilu Edisi ke 2 dan Buku Risalah Demokrasi kepada pembawa Acara TA TV.

Tag
Berita
Sosialisasi