Lompat ke isi utama

Berita

Alfitra Ajak Wujudkan Pengawas Adhoc Yang Kuat

Alfitra Ajak Wujudkan Pengawas Adhoc Yang Kuat

Sukoharjo- Menjadi kesempatan yang langka bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo dan Panitia Pengawas Kecamatan  (Panwascam) Se-Kabupaten Sukoharjo mendapatkan ilmu kepemiluan dari Alfitra Salamm, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Periode 2017-2022.

Menurut Alfitra posisi pengawas pemilu adhoc merupakan godaan paling besar dalam pelaksanaan pemilu dan juga dalam kerawanan paling besar. Dalam pemaparannya titik rawan pada level adhoc diantaranya Kerjasama Data Penduduk, Partisipasi Masyarakat DPT, Kampanye dan APK, Politik Uang dan saat Pilkada Netralitas ASN.

Untuk itu pada kesempatannya dalam Rapat Konsolidasi Kebijakan Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwascam, Alfitra mengajak jajaran Pengawas Adhoc tingkat Kecamatan-Kabupaten Sukoharjo untuk wujudkan Pengawas Adhoc yang kuat.

“Untuk mewujudkan pengawas adhoc yang kuat diantaranya diperlukan: Tertib penggunaan Form A, komunikasi & koordinasi, membentuk Posko pada titik-titik rawan, serta perlu keberanian dalam menjalankan Tugas”, kata Alfi.

Perlu diketahui Rapat Konsolidasi Kebijakan Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwascam yang diselenggarakan oleh Bawaslu kabupaten Sukoharjo ini, mengangkat tema “Kode Etik Pengawas Pemilu Adhoc”, dihadiri oleh Ketua dan Anggota  Pengawas Adhoc Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Sukoharjo pada hari Senin (20/03/2023).