Lompat ke isi utama

Berita

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP)

Sejumlah empat puluh dua orang resmi menjadi peserta aktif dalam Program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) daring yang akan segera dimulai pad bulan mei 2020.

Sebagaimana diketahui Program SKPP Daring merupakan sebagai salah satu upaya melakukan physical distancing di tengah wabah virus Corona (COVID-19) sekaligus sebagai sarana pendidikan pemilu dan pilkada serta pengawasannya. SKPP daring diharapkan dapat meningkatkan pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada bagi masyarakat.

Adapun Tujuan SKPP tersebut adalah terbentuknya pengawas partisipatif serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal proses demokrasi, khususnya di pilkada yang akan dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya Bawaslu berupaya menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan serta keterampilan dalam melakukan pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Dalam menjelaskan mekasnisme pendaftaran Anggota Bawaslu Kab. Sukoharjo Muladi Wibowo mengaku SKPP tersebut merupakan program nasional yang diinisiasi oleh Bawaslu RI yang telah menghimpun pendaftar sejumlah 20.055, adapun pendaftar di Jawa Tengah sebanyak 2.320 pendaftar dan di Sukoharjo sejumlah 54 orang. 4 Dari 54 pendaftar di Sukoharjo dinyatakan tidak memenuhi syarat(TMS) sehingga memenuhi syarat (MS) sebanyak 50 orang. Namun, dalam perkembanganya dari 8 dari 50 orang tersebut mengundurkan diri dan tidak dapat di hubungi, akhirnya terjaring sebanyak 42 orang. ujarnya

Muladi menambahkan adapun rincian 42 orang tersebut masing-masing diantaranya dari Kecamatan Grogol (8) Peserta dan Sukoharjo (8), Kecamatan Kartasura (6), Kecamatan Mojolaban (5), Kecamatan Baki (4), Kecamatan Bendosari(4) Kecamatan Nguter (2), Kecamatan Polokarto (2), Kecamatan Tawangsari(2) dan Kecamatan Weru (1). Adapun dari kecamatan Gatak dan Bulu tidak ada perwakilan peserta.

Para peserta SKPP Daring akan mengikuti berbagai materi secara daring. Di antaranya: menyaksikan audio visual sebanyak 10 materi dengan berbagai tema. Seperti tema: sejarah pemilu, tahapan pemilu, pengawasan pemilu, kerawanan pemilu, penyelesaian sengketa, penanganan pelanggaran, kehumasan, pemantauan dan lain-lain. Di akhir masa pembelajaran, peserta akan menjalani evaluasi yang juga dilakukan secara daring. Peserta yang dinyatakan lulus, akan diberikan sertifikat. Tambah Muladi

Diharapkan usai pelaksanaannya para alumni SKPP daring itu akan membantu dalam melakukan pengawasan secara partisipatif serta pemantauan terhadap pelaksanaan pilkada.

Penulis Agung S

Tag
Berita
Pengawasan
Sosialisasi
Uncategorized