Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengawas, Bawaslu Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pada pelaksanaan pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menggelar Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu bertempat di Waroeng Jinung Jl. Wonogiri-Sukoharjo, Senin 21 November 2022

Adapun peserta dalam kegiatan tersebut selain internal jajaran Bawaslu Kab. Sukoharjo juga Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se Kab. Sukoharjo, Kegiatan tersebut menghadirkan Narsumber dari Praktisi Hukum atau Advokat yakni Abhan. Abhan yang sekaligus merupakan tokoh Pemerhati Pemilu yang berpengalaman di bidang kepemiluan diantaranya sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, serta menjadi Ketua Bawaslu Republik Indonesia periode 2017-2022 yang lalu.

Dalam paparannya Abhan menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk persiapan dalam menjalankan tugas pengawasan pada pelaksanaan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 yang akan datang. Ia berpesan pengawas harus memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, kepengawasan pemilu. Sehingga dengan memiliki kemampuan dan keahlian tersebut diharapkan Pengawas dapat membangun kepercayaan public.

Meskipun tidak diatur dalam undang-undang, Ia juga menegaskan bahwa Panwaslu Kecamatan harus juga terlibat dalam pengawasan terhadap pembentukan Badan Ad Hoc yang dalam waktu dekat akan dibentu Panitia Pemilihan Kecamatan yang akan dibentuk oleh KPU. Adapun tujuan melakukan pengawasan terhadap pembentukan badan Adhoc yakni mencegah terjadinya potensi pelangaran serta menciptakan demokrasi yang lebih baik.

Acara diakhiri tanya jawab peserta dan ditutup dengan foto Bersama

Tag
Berita