Lompat ke isi utama

Berita

Rakernis Sosialisasi Aplikasi SIGAP Lapor

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Sistem Penanganan Pelanggaran dengan di Hotel Brothers Solo Baru Grogol Sukoharjo yang dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis, 26-27 Oktober 2022.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua Bawaslu Kab. Sukoharjo Bambang Muryanto, dalam kesempatanya Ia mengaku menyambut baik atas kedatangan peserta Rakernis. Ujarnya

Pelaksanaan Rakernis tersebut sebagai sosialisasi Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran dan Pelaporan (Aplikasi SIGAP Lapor) merupakan salah satu upaya Bawaslu untuk memperkuat sistem teknologi informasi guna mendukung penyatuan data penanganan pelanggaran oleh pengawas pemilu di seluruh Indonesia agar terintegrasi, efektif, transparan, dan aksesibel.

Hal itu dikatakan Anggota Bawaslu Achmad Husain saat membuka acara Rakernis. Ia juga mengatakan apalikasi ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya yakni aplikasi Sigaru (Sistem informasi pelanggaran pemilu). Sigap Lapor ini telah di design terintegrasinya data penanganan pelanggaran pengawas pemilu di seluruh Indonesia.

Sigap lapor merupakan sistem yang efektif, sehingga membuat penqawas pemilu tidak perlu melakukan rekapitulasi data karena semua data sudah terinput, sejak mendapatkan temuan dan melakukan penerimaan laporan dugaan penanqanan pelanggaran sampai dengan tindak lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan Achmad Husein sistem ini sebagai bentuk transparansi dalam proses penanganan pelanggaran yang terbuka bagi publik, khususnya pelapor, mengingat pelapor bisa menelusuri perkembangan laporannya. pungkasnya

Simulasi penggunaan Aplikasi Sigap Lapor secara langsung disampaikan oleh Tim IT dari Bawaslu RI, dalam pelaksanaan sosialisasi seluruh peserta mulai mendapatkan user name dan Pasword selanjutnya mencoba melakukan simulasi penggunaan Aplikasi Sigap Lapor.

Adapun peserta kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi serta Staf yang membidanginya se Jawa Tengah. Acara tersebut diakhiri tanya jawab

Tag
Berita