Lompat ke isi utama

Berita

Pojok Bawaslu di FH UMS

Dalam upaya lebih dekat dengan masyarakat Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dengan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah melaksanakan MOU dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Senin, 21 Februari 2022 di Gedung I Lantai 2 Fakultas Hukum UMS.

Bentuk kerjasama yang tertuang dalam dokumen MOU. Ruang lingkup kerjasama meliputi :

  1. Dalam Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat;
  2. Pojok Bawaslu;
  3. Pelatihan dan Praktek Peradilan Semu;
  4. Progam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM);
  5. Dalam bidang Kepemiluan dan Kepengawasan.

Bentuk nyata dari MOU di siang hari ini adalah pembuatan Pojok Bawaslu yang berisi tentang literasi Bawaslu untuk di display di ruang pamer Fakultas Hukum UMS dengan harapan mahasiswa bisa mempermudah mengakses informasi tentang Bawaslu.

Kegiatan siang hari ini dihadiri oleh segenap Dekan Fakultas Hukum. Dekan FH UMS assoc. Prof. Dr. Kelik Wardiyono, S.H., M.H., Wakil Dekan Dr. Muh. Iksan, S.H., M.H., Kaprodi FH UMS Wardah Yuspin, SH, M.Kn, Ph.D. dan Anggota Bawaslu Kabuapten Sukoharjo serta Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Anik Sholihatun, S.Ag, M.Pd. Dalam sambutannya ditengah – tengah penandatanganan MOU Dekan Fakultas Hukum UMS menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Sukoharjo yang telah menginisiasi bentuk kerjasama dengan lembaga kepemiluan, dengan harapan menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa Fakultas Hukum terkait dengan kepemiluan. Serta berharap dari kerjasama ini bisa berkelanjutan dan manfaatnya bisa dirasakan secara kelembagaan dan mahasiswa. Bawaslu sebagai mitra yang strategis sebagai penyambung informasi antara masyarakat dan Penyelengara Pemilu terutama tentang Pendidikan Politik dimasyarakat.

Menanggapi sambutan dari Dekan Fakultas Hukum UMS. Anik Sholihatun S.Ag, M.Pd. menyampaikan bahwa Bawaslu mempunyai mandat yaitu Pengawasan, Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesain Sengketa Pemilu, untuk itu Bawaslu selalu berusaha terbuka untuk memberikan informasi terkait kepemiluan yang dibutuhkan masyarakat, informasi bisa diperoleh melalui medsos – medsos Bawaslu, website Bawaslu dan bisa melalui surat ke PPID Bawaslu. Dengan adanya kerjasama dengan pihak akademis tentunya mengajak Fakultas Hukum untuk berperan aktif bersama – sama Bawaslu menjaga proses pemilu di wilayah Kabupaten Sukoharjo dengan cara menjadikan Bawaslu sebagai laboraturium hukum bagi mahasiswa, membantu dalam kajian hukum Bawaslu dan keterlibatan lainnya dalam Pengawasan Pemilu.

Acara diakhiri dengan tukar cindera mata dari masing – masing institusi / lembaga dan dilanjutkan ramah tamah melihat langsung Pojok Bawaslu di Fakultas Hukum UMS.

Tag
Berita