Lompat ke isi utama

Berita

Peran Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu

Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dalam rangka melaksanakan tugas pencegahan dan pengawasan partisipatif, Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menggelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu dengan narasumber Betty Gama Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan Uswatun Mufidah, S.Ag Kordiv. SDM, Organosasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Sosialisasi dilaksanakan di hotel Fave, Rabu (26/10/2022).

Sosialisasi kali ini mengundang 25 Organisasi perempuan yang berada di Kabupaten Sukoharjo. Sosialisasi dibuka oleh Muladi Wibowo, S.Sos, SE, MM, M.Pd Kordiv. Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif ini bertujuan Untuk menambah wawasan kepada perempuan terkait dengan kepemiluan dan kepengawasan partisipatif, serta Untuk meningkatkan kesadaran perempuan dalam melaporkan segala bentuk indikasi pelanggaran atau kecurangan selama proses pelaksanaan pesta demokrasi pada pemilu serentak tahun 2024.

Betty Gama menyampaikan bahwa perempuan dapat berperan aktif dalam Pemilu seperti Menjadi Penyelenggara Pemilu di berbagai tingkatan, Menjadi mitra Penyelenggara Pemilu untuk mensosialisasikan pentingnya menjadi Pemilih Cerdas agar tercipta Pemilu yang berkeadilan serta Aktif melakukan pemantauan dengan menjadi Pemantau yang teregistrasi.

Uswatun Mufidah menyampaikan bahwa Pentingnya Pengawasan Partisipatif berkaitan dengan jumlah pengawas pemilu yang belum memadai dalam Satu Wilayah, tanggung jawab Pemilu Secara Substansial merupakan tanggung jawab semua komponen masyarakat, sehingga masyarakat perlu dilibatkan.

Bawaslu Kabupaten Sukoharjo berharap dengan adanya Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan tema Peran Perempuan dalam Pengawasan Pemilu maka dapat mendorong motivasi para perempuan khususnya di Kabupaten Sukoharjo berpatisipatif dalam pengawasan pemilu.

Tag
Berita
Sosialisasi