Lompat ke isi utama

Berita

Pemilih Pemula sebagai Pengawas Partisipatif, Berani Melaporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Pemilih Pemula sebagai Pengawas Partisipatif, Berani Melaporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Sukoharjo- Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sukoharjo melaksanakan progam go to school yang merupakan salah satu implementasi ruang lingkup kerjasama dengan SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo. Bawaslu Kabupaten Sukoharjo memberikan sosialisasi terkait kepemiluan dan kepengawasan pemilu kepada pemilih pemula yang dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta jajaran SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo dan seluruh siswa kelas X, XI, dan XII SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo. Go To School dilaksanakan SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo pada hari Senin, (13/3/2023).

Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Rochmad Basuki Kordiv. Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi bertindak sebagai Pembina Upacara. Di hadapan seluruh siswa SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo,  Rochmad Basuki menyampaikan bahwa Tahapan Pemilu sudah berjalan, Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dalam melaksanakan tugas pengawasan untuk memastikan Pemilu berjalan sesuai dengan tata cara, mekanisme dan prosedur Perundang-Undangan yang berlaku juga memberikan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya untuk pemilih pemula.

“Pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan nurani serta menjadi pemilih yang cerdas dengan mengetahui siapa calon pemimpin untuk 5 tahun kedepan yang menentukan kebijakan pemerintahan untuk 5 tahun kedepan”imbuhnya.

"Untuk berpartisipasi dalam Pemilu bukan hanya sebagai pemilih saja, tetapi aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif dalam tahapan-tahapan pemilu".jelasnya.

Rochmad Basuki mengajak kepada seluruh siswa SMA Unggulan CT ARSA Foundation Sukoharjo yang merupakan pemilih pemula untuk aktif sebagai pengawasan partisipatif dengan berani melaporkan jika ada dugaan pelanggaran Pemilu.