Lompat ke isi utama

Berita

Mahasiswa FH UMS - Bawaslu Sukoharjo sosialisasi Regulasi Pemilu

Sukoharjo - Mahasiswa UMS dengan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menggelar Sosialisasi tentang Penyuluhan Hukum Untuk Mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Sosialisasi Penyuldiikuti oleh Camat Weru, Babinsa, Pemuda Weru, dan Masyarakat dusun Karakan. Acara Sosialisasi ini diadakan pada hari Selasa, 3 Januari 2023, di Pendopo Sumur Ilmu di dusun Karakan, Kecamatan Weru.

Sosialisasi tentang Penyuluhan Hukum ini menghadirkan narasumber Nuria Siwi Enggarani Dosen Fakultas Hukum UMS dan Bambang Muryanto Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan ini dibuka Iqry Izza Zakialdi selaku panitia penyelenggara dan sambutan Pandiyanto Camat Weru dan Muladi Wibowo selaku kordiv.pencegahan, partisipasi masyarakat, dan humas.

"salah satu prinsip demokrasi itu adalah take and gift dan mau menghargai, sehingga pemilu akan menjadi luar biasa manakala tolenransi demokrasi berjalan dengan baik." ucap Muladi Wibowo

Dalam sosialisasi para mahasiswa UMS dengan Bawaslu mengangkat tema Sukseskan Pemilu 2024 Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Pencegahan Pelanggaran Pemilu.

Nuria menyampaikan materi terkait Penyuluhan Hukum Pemilu, terkait dasar hukum konstitusi ,merupakan hukum dasar yang dijadikan landasan dalam penyelenggaraan suatu negara. UUD 1945 adalah hukum dasar tertulis negeri ini yang wajib dijalankan secara konsisten, termasuk menyangkut penyelenggaraan pemilihan umum.

Kemudian Bambang Muryanto menyampaikan materi Regulasi dan Tahapan Pemilu tentang pencegahan pelanggaran pemilu, segala upaya mencegah terjadinya pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu dan pemilihan melalui tugas pengawasan oleh pengawas pemilu maupun dengan melibatkan partisipasi masyarakat serta publikasi media.

Penulis : Andi Setiyawan

Tag
Berita
Sosialisasi