Lompat ke isi utama

Berita

Ikuti Diskusi Daring, Peserta SKPP Di Dorong Bentuk Komunitas Pengawas

Awali pelaksanaan tugas pengawasan terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo lanjutan, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sukoharjo menggelar diskusi secara daring melalui aplikasi Zoom bersama peserta Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP), Rabu 10 Juni 2020.

Diskusi bersama SKPP tersebut dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait tugas dalam melaksanakan pengawasan terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo lanjutan.

Pada pandemi COVID-19 tidak menyurutkan Bawaslu untuk berhenti melakukan inovasi pendidikan pemilih melalui pengawasan partisipatif oleh masyarakat. Diskusi tersebut diikuti oleh 26 dari 30 peserta SKPP mengikuti Diskusi tersebut, adapun tema yang diangkat Persiapan Pengawasan pada Masa Covid-19, pada kesempatannya ketua Bawalu Kab. Sukoharjo Bambang Muryanto mengungkapkan kedepan Bawaslu Kab. Sukoharjo dalam melaksanakan tugas pengawasan di masa pandemi tetap dalam memperhatikan protokol kesehatan baik dalam jajaran penyelenggara maupun terhadap masyarakat.

Sebentar lagi tahapan akan melakukan pengawasan terhadap pemutakhiran data pemilih, sebagaimana diketahui pelaksanaannya meliputi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) secara langsung pada pemilih. Bambang juga berharap kepada Peserta SKPP agar membentuk sebuah komunitas pemantau pemilu yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat dilingkunganya agar turut mengawasi pelaksanaan pilkada. Kata bambang

Dalam video konferensi tersebut juga turut bergabung Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah M. Rofiudin yang dalam arahannya menyampaikan harapan agar seluruh lapisan masyarakat turut terlibat dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada tahun ini, sehingga nantinya mendapatkan pejabat yang baik serta dapat membuat kebijakan yang berpihak kepada publik.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa kedepan kader-kader pengawas untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Bawaslu untuk melakukan kegiatan yang inovatif dan kreatif sebagai pengawas partisipatif. Kedepan kader-kader pengawas mempunyai banyak peran dalam pengawasan diantaranya menjadi pemantau pemilu, ikut mensosialisasikan pengawasan pemilu baik secara langsung maupun melalui media sosial, menyampaikan informasi atau bahkan menjadi pelapor ketika terjadi pelanggaran, dan lain sebagainya. Tambah rofi

Meski secara daring, antusias peserta masih tinggi, terbukti dari pantauan tim publikasi hingga diskusi selesai ini jumlah peserta masih terus bertahan. Dalam acara tersebut seluruh anggota Bawaslu Kab. Sukoharjo masing-masing memberikan arahan sesuai dengan divisinya diantaranya Bambang Muryanto terkait Pengawasan, Rochmad Basuki terkait Penanganan Pelanggaran, Eko Budiyanto terkait Penyelesaian Sengketa, Uswatun Mufidah terkait Sumber Daya Manusia dan Muladi Wibowo Terkait Hukum

Harapanya setelah mengikuti proses SKPP, peserta akan melakukan kegiatan dengan komunitasnya. Sebagian besar peserta berusia milenial.

Tag
Berita
Sosialisasi