Lompat ke isi utama

Berita

Dihari yang Sama, 3 Panwascam di Sukoharjo Gelar Rakor Pengawasan Tahapan Pemilihan

Maksimalkan Pengawasan Tahapan Pilkada 2020 tingkat Desa, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Mojolaban, Kartasura, dan Bulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Tahapan Pilkada 2020 bersama PPD/K pada tanggal 25 Agustus 2020.

Acara Rakor diselenggarakan dengan hari yang sama di tempat berbeda, acara yang dihadiri oleh Panitia Pengawas Desa/Kelurahan itu berjalan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.

Dimulai Pukul 18.00 berlokasi di Hotel Pramesti Kartasura, seluruh pengawas Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Kartasura hadir mengikuti materi rapat koordinasi pengawasan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam kesempatannya Muladi Wibowo menyampaikan materi, “ Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih telah usai, namun penyusunan Data Pemilih belum usai. Lakukan pengawasan ketat dalam upaya memastikan Data Pemilih yang memenuhi syarat dan belum tercoklit khususnya Pemilih Pemula terdata oleh PPS.”

Selain Daftar Pemilih Muladi juga menyampaikan materi tentang pengawasan kampanye khusunya melalui medsos.

Tengah, Rochmad Basuki sampaikan materi Rakor PPD/K Se-Kecamatan Nguter

Berbeda lokasi, Panwascam gelar rakor di Hotel Sarila Sukoharjo. Maksimalkan peran jajaran pengawas desa Narasumber dari Bawaskab Sukoharjo, Rohmad Basuki berpesan kepada Pengawas Desa/Kelurahan seluruh Kec-Nguter. “ PPD/K wajib melakukan pengawasan di setiap tahapan dan dituangkan di Form A Laporan Pengawasan dengan rinci dan jelas, apakah ada pelanggaran pemilihan atau tidak,” katanya.

Form A yang berisi melanggar peraturan pemilihan, nantinya menjadi dasar Temuan Penanganan Pelanggaran bagi Panwascam ataupun jajaran Bawaslu yang berwenang.

Eko Budiyanto, memaparkan materi dihadapan PPD/K Se-Kecamatan Nguter

Bersamaan waktu dengan Rakor di Kartasura, Panwascam Mojolaban mengumpulkan PPD/K seluruh kecamatan Kartasura. Rakor yang diselanggarakan di Hotel Amira Solo ini, diawali dengan materi oleh Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaskab Sukoharjo, Eko Budiyanto meminta PPD/K maksimalkan Laporan Pengawasan dan siap bantu Panwascam. “Awasi setiap tahapan pemilihan diwilayah masing-masing dan gunakan Form A sebagai Laporan Pengawasan.”

Sengketa Acara Cepat dapat diselesaikan dan diputus di tempat peristiwa pada hari yang sama. Eko juga berpesan “ PPD/K harus siap membantu dan menyiapkan form sengketa acara cepat jika diperlukan Panwascam sewaktu-waktu.”

Dihari sebelumnya Panwascam Weru, Bendosari dan Sukoharjo telah melaksanakan kegiatan yang sama di wilayah masing-masing.

Seluruh Acara Rakor Pengawasan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini diikuti oleh PPD/K  dengan khidmat, sampai selesai.

Tag
Berita
Pengawasan
Sosialisasi
Uncategorized