Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo Mengajak Siaga Pengawasan Menuju 1 Tahun Pemilu 2024

Bawaslu Sukoharjo Mengajak Siaga Pengawasan Menuju 1 Tahun Pemilu 2024

Sukoharjo- Dalam Rangka 1 tahun menuju Pemilihan Umum Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sukoharjo selenggarakan Siaga Pengawasan bersama Forkopimda dan Organisasi Masyarakat yang bersinggungan dengan Kepemiluan di Kabupaten Sukoharjo pada hari Selasa, tanggal 14 Februari 2023 di Pendopo Kantor Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di masing-masing wilayah Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, sebagaimana surat Bawaslu RI Nomor 1 tahun 2023 tertanggal 10 Februari 2023 perihal Siaga Pengawasan Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilu 2024”.

Hadir Gunawan Wibisono Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabupaten Sukoharjo, Kompol Teguh Prasetyo Wakil Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo, Ita Efiyati Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sukoharjo, Forkopincam Kecamatan Sukoharjo, serta seluruh organisasi masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan dibuka oleh Rochmad Basuki Anggota Bawaslu Sukoharjo mewakili Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menyampaikan bahwa “tujuan siaga pengawasan untuk kesiapsiagaan pengawas pemilu bersama semua elemen di kabupaten Sukoharjo, untuk menjaga agar Pemilu 2024 di Kabupaten Sukoharjo dapat berlangsung dengan kondusif, aman dan berlangsung dengan baik, sehingga Pemilu 2024 dapat bermartabat dan berkualitas”, kata Rochmad.

“Pada 16 Desember 2022 Bawaslu RI telah meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), Kabupaten Sukoharjo dikategorikan Rawan Tinggi Se Jawa Tengah pada dimensi Penyelenggaraan Pemilu.  IKP ini adalah Early Warning System atau alat untuk mendeteksi dini potensi-potensi kerawanan Pemilu agar nantinya bisa dicegah dan tidak terjadi, bagi daerah yang tingkat kerawanannya tingga segera lakukan mitigasi dan pencegahan terhadap kerawanan-kerawanan yang ada”. Imbuhnya.

Kesempatan yang sama Gunawan Kepala Kesbangpol menyampaikan harapannya, atas nama pemerintah mengapresiasi kegiatan ini, diharapkan pemilu di sukoharjo lancar aman tertib dan sukses.

Polres Sukoharjo juga mendukung apa yang menjadi program tekad dan komitmen bersama. Negara kita menganut sistem Demokrasi kedaulatan ada di tangan rakyat melalui pemilu. Diharapkan pemilu lancar kondusif dan tidak ada polarisasi, tambah Teguh Prasetyo Wakapolres Sukoharjo saat memberikan sambutannya.

Siaga pengawasan menuju 1 tahun Pemilu tahun 2024 ditandai dengan penandatanganan di spanduk yang bertuliskan Siaga pengawasan menuju 1 tahun Pemilu tahun 2024.