Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo Mengadakan Press Release Mengenai Indeks Kerawanan Pemilu Serentak 2024

Sukoharjo - Badan pengawas pemilihan umum ( Bawaslu ) kabupaten sukoharjo menggelar press release dalam rangka indeks pemilu tahun 2024, yang disiarkan di chanel youtube bawaslu kabupaten sukoharjo, rabu (21/12/2022) pukul 15.15 WIB.

Press realese di sampaikan secara langsung oleh Bambang Muryanto Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo didampingi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Eko Budiyanto Kordiv. Penyelesaian Sengketa dan Hukum Serta Muladi Wibowo Kordiv. Pencegahan, Parmas dan Humas.

Dalam press release yang disampaikan bahwa tujuan dari IKP adalah, pertama memetakan potensi kerawanan pemilu di Kabupaten Sukoharjo, kedua melakukan proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran pemilu dan pemilihan, serta yang ketiga menjadi basis untuk program pencegahan dan pengawasan tahapan pemilu dan pemilihan. Selain itu, juga disampaikan bahwa terdapat 4 dimensi konstruksi IKP, Pertama dimensi konteks sosial politik, dimensi kedua penyelenggaraan pemilu, ketiga dimensi kontestasi dan keempat dimensi partisipasi. Dimana pada setiap dimensi terdapat 12 sub dimensi dan 61 indikator.

IKP Kabupaten Sukoharjo.berdasarkan data hasil pengawasan Pemilihan Gubernur 2018, Pemilu tahun 2019 dan Pilkada tahun 2020 yang dibuktikan dengan data dukung.

Indikator yang mendapatkan nilai di Kabupaten Sukoharjo antara lain:
Dimensi Sosial Politik sebanyak 5 Indikator;
Dimensi Penyelenggaraan Pemilu sebanyak 11 Indikator;
Dimensi Kontestasi sebanyak 5 Indikator.

Oleh : Intan Yulianah

Tag
Berita