Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo Launching dan Bedah Buku Sejarah Pengawas Pemilu/ Pemilihan

Sukoharjo-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menggelar acara launching dan bedah buku sejarah pengawas pemilu/ pemilihan kabupaten sukoharjo dengan narasumber Anas Syahirul Amin selaku Ketua PWI Surakarta bersama Ahmad Muladi selaku Pengawas Pemilu Tahun 1999, serta di moderatori oleh Rochmad Basuki Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Acara dilaksanakan dikantor Bawaslu Kabupaten Sukoharjo secara luring maupun secara daring melalui Zoom Meeting, Selasa (9/8/2022). Kegiatan dihadiri eks Panwas kabupaten Sukoharjo dan wartawan.

Dalam kesempatannya Muhammad Rofiuddin Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menyampaikan sambutan bahwa tidak ingin sejarah pengawas terkubur agar peristiwa penting tidak hilang begitu saja, Buku Sejarah ini menjadi catatan penting untuk menjadi sumber yang sangat penting di tahun-tahun mendatang karena telah berhasil mengungkap sejarah pengawas pemilu dimasing-masing Kabupaten/ Kota. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pengawas pemilu di periode- periode sebelumnya yang telah menyampaikan berbagai informasi diberbagai dokumen sehingga buku sejarah pengawas pemilu di kabupaten/ Kota dapat disusun.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutanya menyampaikan bahwa ada yang unik di sisi kelembagaan di pengawas pemilu kalau dahulu panwas terdiri dari perwakilan ormas dan trus berkembang sesuai Undang-Undang Pemilu yang berlaku. Bambang mengucapkan terima kasih kepada narasumber telah mengingat kejadian yang lalu terkait informasi dan data yang telah disampaikan sehingga dapat menyusun buku ini sesuai fakta.

Ahmad Muladi selaku Pengawas Pemilu Tahun 1999 menyampaikan bahwa Panwas Pemilu tahun 1999 terdiri dari unsur Hakim, Unsur Perguruan Tinggi, dan Unsur Masyarakat. Panwas saat itu berhubungan sangat baik dengan KPU.

Anas Syahirul Amin selaku Ketua PWI Surakarta menyampaikan masukan terkait dalam penulisan buku sejarah pengawas pemilu/ pemilihan kabupaten sukoharjo anatar lain perlu ketelitian dalam penggunaan EYD; perbanyak foto kegiatan agar Lebih hidup Sebagai karya literasi dan dokumentasi; dan mempertajam narasi-narasi penanganan perkara. Anas Syahirul Amin menambahkan bahwa buku sejarah ini berperan sebagai sejarah dan juga dapat menjadi dokumen

Tag
Berita