Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab. Sukoharjo Bersama Paguyuban Sepeda Sehat Kampanyekan Tolak Politik Uang

Gerakan pengawalan terhadap proses tahapan penyelenggaran pemilihan baik pemilu maupun pilkada terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kab. Sukoharjo. Salah satunya dengan mengajak kelompok atau komunitas masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan setiap tahapannya. Oleh Karena itu, dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara  Bawaslu  dan  masyarakat  pemilih.

Langkah strategi Bawaslu Kab. Sukoharjo kali ini dilaksanakan bersama Paguyuban Sepeda Sehat Sukoharjo (PSS). Sedikitnya 50 anggota PSS dan Jajaran Bawaslu Kab. Sukoharjo mengikuti sosialisasi pengawas partisipatif dengan melakukan sepeda santai dengan menempuh perjalanan sejauh lebih kurang 25Km, mulai dari Kantor Bawaslu Kab. Sukoharjo menuju Pasar Mulur yang terletak di Kecamatan Bendosari selanjutnya menuju Begajah Kecamatan Sukoharjo melalui Desa Kepuh Kecamatan Nguter.

Foto Bersama sebelum malaksanakan perjalanan sepeda sehat

Adapun kegiatan tersebut dengan melakukan sepanjang perjalanan oleh Paguyuban Sepeda Sehat membagikan leflet dan stiker di pasar-pasar dan kepada warga yang dijumpainya sepanjang perjalanan. Adapun leflet dan stiker merupakan salah satu sarana atau metode dari Bawaslu Kab. Sukoharjo untuk memberikan pemahaman tentang larangan pada penyelenggaran pemilihan baik pemilu maupun pilkada.

Dalam sambutannya Anggota Bawaslu Kab. Sukoharjo Rochmad Basuki mengapresiasi kepada paguyuban Sepeda Sehat yang telah bersedia membantu tugas pengawasan melalui gerakan tolak politik uang, Isu SARA serta menangkal Hoax.

Rochmad menambahkan sosialisasi pengawas partisipatif dengan melibatkan komunitas / kelompok ini tidak hanya memperkuat kapasitas pengawasan, namun juga mendorong keterlibatan warga masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu.

Sementara anggota Bawaslu Kab. Sukoharjo Uswatun mufidah dalam pelaksanaan kegiatan ini pada prinsipnya adalah upaya untuk mendekatkan masyarakat terhadap pengawasan pada penyelenggaraan pemilihan serta upaya peningkatan partisipasi masyarakat sehingga diharapkan tumbuh kesadaran bagi masyarakat terhadap proses demokrasi yang berkwalitas

Deklarasi Anti Politik Uang di Pimpin Oleh Haryoko di Ikuti oleh Anggora Paguyuban Sepeda Sehat Sukoharjo

Pada kesempatanya Ketua Paguyuban Sepeda Sehat (PSS) Wiyono mengatakan akan terus mendukung langkah strategi Bawaslu Kab. Sukoharjo dalam melaksanakan tugas pengawasan pada setiap penyelenggaraan di Kab. Sukoharjo dan program seperti ini diharapkan terus berkelanjutan.

Rangkaian acara sosialisasi pengawasan diakhiri dengan deklarasi Anti Politik Uang yang dipimpin langsung oleh Haryoko dan diikuti oleh seluruh anggota Paguyuban Sepeda Sehat. Diketahui anggota Paguyuban Sepeda Sehat (PPS) adalah pensiunan Pegawai Negeri Sipil, yang terbentuk sejak tahun 2013.

Tag
Berita