Lompat ke isi utama

Berita

3 Alumni SKPP Daring Kab Sukoharjo Ikuti Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Jateng

Badan Pengawasan Pemilu Jawa Tengah menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) gelombang Pertama. Kegiatan SKPP ini akan digelar dari hari senin hingga rabu mendatang(26-28 Oktober 2020) . Pada acara SKPP JATENG kali ini, setiap peserta wajib memenuhi protokol kesehatan, mulai dari Jaga jarak, Menggunakan masker hingga menggunakan hand sanitizer. Sehingga acara berjalan dengan nyaman dan minim resiko Covid-19.

            Acara SKPP Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah ini dibuka langsung oleh ketua Bawaslu Jawa tengah Bapak Fajar Subkhi A.K. Arif, SH., MH. Setelah acara pembukaan SKPP JATENG 2020 dibuka oleh ketua BAWASLU Jawa Tengah, Peserta mendapatkan pembekalan materi dari para ahlinya. Salah satu materi yang diterima adalah seputar dasar pengawasan dan perpolitikan di Indonesia. Dalam materi kali ini setiap peserta dituntut untuk memahami bagaimana pentingnya masyarakat harus turut andil dalam mengawasi setiap proses Demokrasi di Indonesia.

            Selain untuk meningkatkan pengawasan partisipatif oleh masyarakat, SKPP Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah 2020 ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kaum muda dalam proses kepemiluan. Mengingat tingginya prosestase kaum muda dalam daftar pemilih. Dengan adanya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif yang di isi oleh para ahli dalam bidangnya, tentu menjadi nilai tersendiri bagi peserta. Karena peserta dapat dengan leluasa berdialog dan berdiskusi soal regulasi hingga kasus-kasus yang mereka temui dimasyarakat.

            Dalam pembelajaran SKPP JATENG kali ini, selain peserta diajak untuk berdiskusi dan berdialog, peserta juga diajarkan untuk saling mengenal dan menambah jaringan antar daerah. Sehingga setiap peserta bias sharing pengalaman dan pengetahuan soal pengawasan. Dengan adanya forum saling sharing ini, diharapkan setelah acara SKPP ini peserta akan mampu untuk melakukan kegiatan pengawasan dimasyarakat dengan lebih massif dan terarah.  Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dalam  kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif tersebut mengirimkan 3 orang perwakilan peserta yakni 1. Mirma Ningsih Lumintu (Ngawi, 6 Maret 1991), 2). Elsava Rokhma Maharani, (Sukoharjo 22 November 1997) dan 3). Ahmad Afrudin, (Ngawi, 30 Juli 1996). Ketiga perwakilan tersebut   merupakan alumni kegiatan SKPP Daring yang di selenggarakan oleh Bawaslu RI tahun 2020, yang diseleksi oleh Bawaslu  Kabupaten Sukoharjo.

Ahmad Safrudin – Sri Mulyono

Tag
Berita
Sosialisasi