Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas Panwascam, Bawaslu Kab. Sukoharjo Gelar Bimbingan Teknis

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia terhadap Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwas Kecamatan) di Pondok Sari 2 Tawangmangu.

Rapat Koordinasi tersebut dilakukan selama 2 hari yakni Kamis hingga Jum’at pada tanggal 5-6 Maret 2020 kemarin. Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Panwas Kecamatan dalam kegiatan Pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sukoharjo 2020.

Adapun hal yang cukup menarik pada kegiatan tersebut, Bawaslu Kab. Sukoharjo berupaya meningkatkan Panwas Kecamatan untuk membuat berita dengan menghadirkan Narasumber dari Media yakni Suwarmin (Direktur Solopos).

Diketahui pemberitaan sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk melatih secara teknik kemampuan dalam memberikan informasi kepada publik terkait kinerja pengawasan yang dilakukan oleh Panwas Kecamatan selama proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020 mendatang. Sehingga diharapkan pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020 semakin meningkat partisipasi dalam informasi atau publikasi yang disajikan lembaga Bawaslu Kab. Sukoharjo kepada publik.

Selain itu, Bawaslu Kab. Sukoharjo juga meningkatkan dalam Optimalisasi dalam penanganan Pelanggaran dengan menghadirkan Narasumber dari Kepolisian Resor Sukoharjo yang diwakili Oleh IPTU Hadi Sumaryono (KBO SAT Reskrim) dan IPTU Puryono (Kanit Tipiter/Penyidik Gakkumdu), disampaikan pula teknik penyidikan dan aduan masyarakat terkait tindak pidana pemilu. Hal tersebut dimaksudkan untuk optimalisasi penanganan tindak pidana Pemilihan, diharapkan dapat mewujudkan penegakan hukum yang, efektif, cepat, dan tepat sesuai mekanisme Peraturan Bawaslu.

Selain dua Narasumber tersebut, peningkatan kapasitas SDM juga diisi oleh komisioner Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, materi terkait Pengawasan disampaikan oleh Bambang Muryanto, penjelasan lebih terkait penulisan laporan pengawasan oleh Muladi Wibowo, kemudian dilanjutkan materi Penanganan dugaan pelanggaran disampaikan oleh Rochmad Basuki, materi Penyelesaian Sengketa Cepat oleh Eko Budiyanto, dan materi Integritas Seleksi Pengawas Adhoc yang disampaikan oleh Uswatun Mufidah Serta Koordinator Sekretariat menyampaikan materi terkait mekanisme pengelolaan Anggaran.

dalam acara kegiatan Bimbingan Teknis dan Peningkatan Kapasitas SDM tersebut, selain mengundang anggota Panwas Kecamatan juga mengundang Kepala Kesekretariat dan Pemegang Uang Muka Kegiatan (PUMK) Se Kecamatan.

Tag
Berita
Sosialisasi