Lompat ke isi utama

Berita

Tantangan dan Harapan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024

Webinar dengan tema “Tantangan dan Harapan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024” yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Provinsi Jawa tengah pada tanggal 23 Maret 2022 pukul 10.00 WIB dan dilaksakan secara luring dan daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh Kesbangpol, KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yang disampaikan oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah adalah untuk membentuk sinegitas antara pihak eksekutif dengan Penyelengara Pemilu di Provinsi Jawa Tengah dalam menghadapi kesiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Nara sumber yang dihadirkan pada acara webinar hari ini antara lain : Sudrajad Yuliyanto Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, M. Fajar SAKA Ketua Bawaslu Jawa Tengah dan Unsur Akademisi Fityriyah Departemen Politik & Ilmu Pemerintahan FISIP UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dalam paprannya Sudrajad Yuliyanto mengatakan bahwa KPU akan menyiapan stategi baru dalam melaksanakan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 sebagai upaya meminalisasi beban kerja dari Penyelengara Pemilu tingkat pemungutan suara, penerapan teknologi informasi dengan data tunggal akan di implementasikan mulai dari pendaftara peserta Pemilu dan Pemilihan sampai proses rekapitulasi suara.

Melengkapi paparan dari KPU M Fajar Saka ketua bawaslu jawa tengah menyampaikan bahwa Bawaslu Jawa tengah sangat siap menghadapai Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 demi terjaganya hak pilih masyarakat dalam pesta demokrasi tahun 2024.

Dari sudut pandang akademisi pelaksanaan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 tentunya masih dibayang – bayangi kondisi pandemic covid-19 tentunya diperlukan Pemilu yang ramah dan aman kesehatan. Penyelengara Pemilu tentunya juga harus mengadaptasi tata cara kerja dan kebiasaan baru dalam kegiatan sosialisasi sampai pelaksaanaan Pemilihan. Lebih dini harusnya Pemetaan  potensi masalah Pemilihan dan kesiapan daerah dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dengan harapan Memastikan semua proses Pemilihana kondusif dan memnuhi unsur demokrasi dan keadilan.

Hal yang banyak  disampaikan peserta webinar merespon acara disiang hari ini adalah Kesetaraan honorarium dari masing – masing daerah di provinsi jawa tengah perlu dilakukan kesetaraan karena beban kerja ditiap daerah tentunya sama.

Acara berakhir pukul 12.15 WIB ditutup oleh kepala Kesbangpol Jawa Tengah dengan harapan apa yang dibahas di webinar siang hari ini bisa menjadi langkah stategis dan sinergi bersama dalam kesiapan menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Tag
Berita