Lompat ke isi utama

Berita

Seleksi Wawancara, Calon Anggota PPK Langgar Tata Tertib . . . .

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo telah melakukan seleksi tes wawancara dan uji Komputer terhadap calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan yang telah dinyatakan lolos seleksi tertulis pada hari sabtu 8 hingga 10 Februari kemarin.

Terhadap pelaksanaan seleksi tes wawancara dan uji Komputer terhadap calon PPK tersebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kab. Sukoharjo telah melakukan pengawasan secara langsung di Kantor KPU Kab. Sukoharjo.

Pada hari senin 10 Februari 2020 KPU Kab. Sukoharjo melakukan seleksi tes wawancara dan uji Komputer untuk kecamatan Bulu, Nguter, Bendosari, dan Sukoharjo.

Ketua Bawaslu Bambang Muryanto pada saat melakukan pengawasan tersebut menemukan dugaan pelanggaran sebagaimana ketentuan pada pengumuman Nomor 52/PP.04.2-Pu/331/KPU-Kab/II/2020 tentang Hasil seleksi tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo 2020 tanggal 3 Februari 2020.

Pada pelaksanaannya Bambang mengaku saat melakukan pengawasan menemukan salah seorang calon anggota PPK yang tidak sebagaimana seharusnya pada pengumuman KPU Kab. Sukoharjo tersebut. Diketahui calon anggota PPK tersebut tidak menggunakan hem/kemeja atasan putih melainkan calon tersebut menggunakan pakaian batik. Adapun temuan pelanggaran tersebut diketahui pada hari minggu, 9 Februari 2020 saat pelaksaan wawancara untuk kecamatan Tawangsari. Padahal dalam pengumuman tersebut dijelaskan bahwa pakaian yang harus digunakan calon anggota ppk adalah hem/kemeja putih dan bawahan hitam/gelap dan bersepatu.

Bambang menambahkan ketentuan tersebut merupakan tata tertib yang dibuat KPU Kab. Sukoharjo sendiri, sehingga calon tersebut harusnya patuh terhadap dalam prosedur dalam proses seleksi. Oleh karena itu, KPU Kab. Sukoharjo diharapkan dalam melaksanakan proses seleksi tersebut untuk selalu memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas calon anggota PPK. Tambahnya

Diketahui bahwa calon anggota PPK di seluruh Kecamatan sejumlah 119 peserta, secara keseluruhan telah hadir mengikuti seleksi tes wawancara dan uji Komputer dikantor KPU Kab. Sukoharjo

Tag
Berita