Lompat ke isi utama

Berita

ROADSHOW NGULIK : Bawaslu Sukoharjo Gelar Diskusi dengan Pengawas Partisipatif di Kecamatan Baki

Sukoharjo – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sukoharjo rutin melakukan Sosialisasi terkait Pengawasan disetiap tahapan Pilkada tahun 2020, kali ini melalui Program “Ngulik” (Ngobrol Unik Seputar Pilkada) Bawaslu Sukoharjo Roadshow di Kecamatan Baki.

Bersama Komunitas Pengawas Partisipatif “Gubug Rakyat” di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Bawaslu Sukoharjo diskusi mengenai Pengawasan terkait Tahapan Pilkada yang saat ini berlangsung.
Saat ini tahapan Pilkada 2020 dalam tahap Pencocokan Dan Penelitian Data Pemilih dari tanggal 15 Juli 2020 sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020, sedangkan Badan Pengawas Pemilu wajib melaksanakan tugas untuk mengawasi tahapan tersebut.
Kegiatan ini dihadiri beberapa warga desa ngrombo dan Masyarakat Tanggap Bencana (Magana), disamping tanggap bencana dan kemanusiaan, Magana juga tanggap dan peduli dengan Pesta Demokrasi khususnya di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Bawaslu Sukoharjo sebagai penyelenggara kegiatan diwakili oleh Eko Budiyanto dan Muladi Wibowo.
Eko Budiyanto menyampaikan bahwa Bawaslu Sukoharjo akan selalu mengawal Demokrasi hingga tahapan selesai. “Bawaslu selalu mengawal setiap Tahapan Pemilihan sampai dengan Final, dan sangat membutuhkan peran masyarakat salah satunya “Gubug Rakyat” ini”
Eko berpesan dalam tahapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih harus menyampaikan data yang sebenar-benarnya. “Jika ada sesuatu yang kurang pas, Bawaslu akan mengingatkan, supaya data benar-benar valid”, tegasnya.
Dalam tahapan ini disetiap rumah akan didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk melakukan pendataan warga yang berhak memilih dalam Pesta Demokrasi Pilkada 2020 nantinya. Muladi Wibowo, Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo yang hadir dalam diskusi menyampaikan “Masyarakat memiliki hak untuk menolak kehadiran PPDP dirumahnya, namun harus dengan alasan yang tepat. Disamping itu lebih baik masyarakat menerima PPDP dengan baik, untuk kebaikan bersama agar dapat diketahui siapa yang memiliki hak pilih dan siapa yang tidak memiliki hak pilih”.

Hiburan dari Gubug RakyatHiburan dari Gubug Rakyat

Selain Diskusi Magana juga menghibur peserta melalui music akustik dalam Kegiatan di markas Gubug Rakyat ini. Dengan menerapkan protokol kesehatan berupa cuci tangan sebelum masuk, jaga jarak serta penggunaan masker, kegiatan ini berjalan dengan lancar.
Selanjutnya Bawaslu Sukoharjo akan melanjutkan program Roadshow Ngulik ini dibeberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Tag
Berita
Sosialisasi