Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Koordinasi Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Rapat Koordinasi Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Sukoharjo - Bawaslu Kabupaten Sukoharjo pada hari Jumat (02/02/2024) telah melaksanakan Pengawasan Logistik Pemilu di hotel Omaya yang berlokasi di Gentan,Baki, Sukoharjo yang dibawa langsung oleh Dwi Setyono Divisi SDM, Organisasi, dan pelatihan dan Asis Sulistyanto Divisi Pencegahan, Parmas, & Humas dan Supriyanto Divisi Penanganan Pelanggaran & Datin dan Eko Budiyanto Divisi Hukum & Penyelesaian Sengketa dan yang sebagai moderator Chrisstar Dini Sukoco Staff Pelaksana Teknis serta narasumber Syakbani Eko Raharjo selaku Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo logistik pemilu mempunyai perencanaan kebutuhan pada PKPU 14/2023 hingga PKPU 16/2023 yang berisi tentang perlengkapan pemungutuan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilu lalu berpindah pada KKPU 1395/2023 tentang tata kelola logistik pemilu. selanjutnya PKPU  pemungutan tungsura & rekapitulasi perolahan suara yang terdapat pada KKPU 1281 dan KKPU 857/2023 serta KKPU 1413/2023.

Pengawasan logistik pemilu bertujuan untuk melengkapi perlengkapan penyelenggaraan yang digunakan dalam Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta perlengkapan penyelenggaraan yang digunakan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Agar tersedia kebutuhan dan tepat waktu ketika pemilu dan tidak merugikan peserta pemilu dan pemilih. Agar memastikan hak-hak pemilih tidak terganggu sebab ketidaksempurnaan dalam proses pengadaan dan distribusi logistik pemilu. Dan dikatakan oleh narasumber logistik pemilu sudah 100% masuk gudang KPU Sukoharjo bahwa dikatakan logistik itu sangat penting karena pemilu manual tetapi pemilih tidak peduli dengan proses pengerjaan logistik, kecuali kalau ada kasus saat pemungutan suara. Dan saat ini infrastruktur Kab/Kota (KPU) belum memadai dan logistik atau surat suara itu sangat sensitif.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab interaktif antara peserta dan dengan narasumber, kemudian ditutup oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo