Lompat ke isi utama

Berita

Rangkul Pemilih Pemula, Panwascam Gatak Gandeng Stakeholder

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 sudah di depan mata. Kabupaten Sukoharjo adalah satu dari 270 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak.

Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Gatak pada Senin (20/1) melaksanakan kegiatan kunjungan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di lingkungan Kecamatan Gatak. Koordinasi dilaksanakan kepada Kepala SMK Negeri 6 Sukoharjo, SMA Muhammadiyah 5 Sukoharjo dan SMK Kesehatan Citra Medika. Kegiatan ini merupakan inisiasi Panwascam Gatak sebagai bentuk koordinasi sekaligus sosialisasi awal bagi pemilih pemula terkait adanya Pilkada di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, memberikan jaminan bagi pemilih pemula untuk menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan umum. Lalu, apa dan siapa saja yang masuk kategori pemilih pemula itu? Secara sederhana pemilih pemula diartikan sebagai orang yang pertama kali berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan. Terkait dengan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, maka yang dimaksud Pemilih Pemula adalah Warga Negara Indonesia yang genap berusia 17 tahun pada 23 September mendatang.

Pemilih pemula seringkali menjadi sasaran empuk bagi partai politik atau tim sukses calon Kepala Daerah untuk mendulang suara. Alasannya sederhana, pemilih pemula dianggap belum paham tentang perpolitikan dan pilihan politiknya seringkali tidak didasari oleh pertimbangan yang matang. Itulah yang membuat pemilih pemula mudah dipengaruhi.

Hal tersebut yang menjadi perhatian bagi Panwascam Gatak untuk memberikan edukasi politik kepada siswa SMA/SMK agar saat pelaksanaan Pilkada mereka bisa menjadi pemilih yang cerdas dan paham kepada siapa hak suara mereka akan disampaikan.

Ketua Panwascam Gatak, Heru Wiyono mengatakan bahwa dalam setiap perhelatan demokrasi pemilih pemula mencapai 30% dari total pemilih. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi yang akan kami laksanakan nanti tidak hanya meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Melainkan juga menumbuhkan semangat untuk mengawal demokrasi di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sukoharjo”.

Stakeholder terkait yaitu salah satunya Kepala SMK Kesehatan Citra Medika, Rian Andrianto menyatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Panwascam Gatak. “Kami sangat berharap adanya pendidikan kepemiluan di lembaga kami, khususnya untuk siswa kami yang sudah berusia 17 tahun”.

Dalam kesempatan tersebut Panwascam Gatak juga menyerahkan buletin dan buku Risalah Demokrasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo. 

(Panwascam Gatak)

Tag
Berita
Sosialisasi