Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Pengembangan Desa Pengawasan Kembali Digelar

SUKOHARJO—Bawaslu Kabupaten Sukoharjo kembali menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Desa Pengawasan Pemilu di wilayah Desa Ngabeyan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan dilaksanakan di Mom’s Kitchen Kartasura yang dihadiri oleh 20 orang peserta mulai dari tokoh masyarakat, keterwakilan perempuan, dan pemuda. (02/03/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto Kordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga mengungkapkan kalau dilihat selama ini partisipasi masyarakat dalam pemilu itu hanya datang di bilik dan mencoblos, harapannya seluruh lapisan elemen masyarakat ikut juga mengawasi, memantau, memberikan saran masukan terkait dengan tahapan-tahapan pemilu. Ucapan terimakasih kepada pemerintah Desa Ngabeyan Kecamatan Kartasura yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Kordiv. Hukum, Humas dan Datin Muladi Wibowo menyampaikan pengawasan partisipasi dalam Pemilu yang dapat dilakukan masyarakat antara lain memberikan informasi positif mulai dari tahapan terhadap informasi yg tidak benar, kampanye hitam, dan hoax. Selain itu memberikan keyakinan positif bagi warga sekitar, Memastikan orang mengenal calon pemimpin, Memastikan orang masuk DPT, Mencari informasi berita positif di Media Sosial Bawaslu untuk disebarkan dibagikan terhadap masyarakat, dan Konfirmasi kepada Bawaslu terkait isu yg beredar. Harapannya masyarakat dapat memberikan Informasi dan dapat melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu ke Jajaran Bawaslu yang disertakan bukti dan saksi.

Pemerintah Desa Ngabeyan yang diwakili oleh staf Arif Komarudin menyampaikan ucapan terimakasih dan mendukung terhadap Bawaslu Kabupaten Sukoharjo serta masyarakat Desa Ngabeyan menyambut baik kegiatan seperti ini, yang dapat memberikan edukasi pengetahuan terhadap pengawasan Pemilu.


Diakhir acara dilakukan penandatanganan Kerjasama Desa Pengawasan antara Pemerintah Desa Ngabeyan dan Bawaslu Sukoharjo.

Penulis Dina M

Tag
Berita
Sosialisasi