Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Pengembangan Desa APU di Desa Karanganyar

Kamis, 27 Mei 2021 Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mengadakan Sosialisasi dan Kerjasama Pengembangan Desa Anti Politik Uang dengan Masyarakat kali ini Bertempat di Kawasan Candi Sirih yang ada di Dusun Kersan, Desa Karanganyar, Kecamatan Weru, Sukoharjo. Hanya sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Sukoharjo.
Dipilihnya tempat Kegiatan di Candi Sirih sekaligus memperkenalkan situs bersejarah yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Candi yang diperkirakan didirikan pada masa Mataram Kuno. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dan Kepala Desa Karanganyar beserta 20 orang tokoh masyarakat Desa Karanganyar, Kecamatan Weru.
Kegiatan Sosialisasi dan Kerjasama Pengambangan Desa Anti Politik Uang diselenggarakan untuk memberikan pendidikan pemilu yang baik dan benar terhadap masyarakat sehingga masyakat paham dan memiliki pengetahuan dampak negatif Politik Uang.
Pembukaan kegiatan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto, mengucapkan “terimakasih terhadap Masyarakat Desa Karanganyar, Kecamatan Weru telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Sosialisasi dan Kerjasama Pengambangan Desa Anti Politik Uang, diharapkan Masyarakat dapat ikut melakukan pengawasan tindak dan cegah praktik politik uang”.


Narasumber Kegiatan Pengembangan Desa Anti Politik Uang Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Eko Budiyanto, “mengajak masyarakat Desa Karanganyar, Kecamatan Weru, Sukoharjo untuk ikut melakukan pengawasan pemilu dan pencegahan politik uang, banyak faktor terjadinya politik uang seperti persaingan dan karena masyarakat yang kurang cerdas,masyarakat yang belum sejahtera, iming-iming kekuasaan. Dampak yang ditimbulkan politik uang bagi masyarakat, politik uang ini malah bisa melatih masyarakatuntuk bertindak curang. Jika pelakunya terpilih, bisa saja dia melakukan penyalahgunaan jabatan dan terlibat kasus korupsi”.

Kepala Desa Karanganyar Sugito, dalam sambutannya “Masyarakat Desa Karanganyar menyambut baik kegiatan seperti ini, yang dapat memberikan edukasi pengetahuan terhadap dampak politik uang yang sudah membudaya dikalangan masyarakat, kami masyarakat Desa Karanganyar sepakat untuk menolak politik uang dan bersama-sama ikut berpartisipasi pengawasan guna pencegahan politik uang”.
Kegiatan Pengambangan Desa Anti Politik Uang akan berlanjut di beberapa Desa yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Penulis : Dina M.

Tag
Berita
Sosialisasi