Lompat ke isi utama

Berita

Pra MoU, Bawaslu Sukoharjo ke FH UMS

Sukoharjo- Badan Pengawas Pemilihan Kabupaten Sukoharjo dalam waktu dekat ini akan gandeng Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk Kerjasama dalam hal Kepemiluan. hari ini Jum’at (11/02/2022) Bawaslu Sukoharjo kunjungi FH UMS sebelum MoU / Nota Kesepahaman dilakukan.

Selain bekerjasama dengan sekolah tingkat menengah/kejuruan melalui program Bawaslu Goes to School, Bawaslu Kabupaten Sukoharjo juga berencana berkerjasama dengan kampus-kampus dalam hal Pendidikan politik, pengawasan partispatif, dll.

Saat menyampaikan tujuan kedatangannya ke FH UMS, Komisioner Bawaslu Sukoharjo Muladi Wibowo menyampaikan bahwa selain bersilaturahmi, kedatangan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo diminta oleh Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah untuk menjalin Kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka Pemilu  maupun Pemilihan. Serta mensosialisasikan fungsi-fungsi Pendidikan politik dan pengawasan partisipatif khususnya dikalangan mahasiswa.

Bawaslu merupakan salah satu Lembaga yang juga mempunyai wewenang untuk melakukan persidangan adjudikasi maupun penyelesaian sengketa pemilu. Nantinya kita juga dapat bersama-sama belajar bagaimana menyelesaikan sengketa pemilu, dimana keilmuan dari Fakultas Hukum UMS ini sangat tepat, tambah Eko Budiyanto.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Muladi Wibowo dan Eko Budiyanto beserta 2 staff datang ke kantor FH UMS diterima dengan baik oleh Dekan FH UMS  Kelik Wardiono, Wakil Dekan I Wardah Yuspin, Wakil Dekan III Muchamad Ikhsan dan Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Syaifuddin Zuhdi di Ruang Sidang FH UMS.

Kami dengan senang hati menerima dan menyambut adanya kerjasama dengan Bawaslu Sukoharjo, dan harapannya MoU segera teralisasi dengan baik, kata Kelik.

Perlu diketahui, Pendidikan Politik merupakan salah satu upaya untuk kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi yang baik, serta peran masyarakat untuk berpartisipasi di dunia kepemiluan. Tidak hanya masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa juga perlu diberikan Pendidikan Politik.

Diakhir kegiatan, secara simbolis Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menyerahkan salah satu karyanya berupa buku  “Risalah Demokrasi”  untuk menjadi literasi kepemiluan di FH UMS.

Tag
Berita
Sosialisasi