Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Integritas dalam Kode Etik bagi Pengawas Pemilu

<strong>Pentingnya Integritas dalam Kode Etik bagi Pengawas Pemilu</strong>

Sukoharjo- Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mengadakan kegiatan pembinaan kode etik bagi pengawas pemilu dengan dihadiri oleh seluruh  Ketua Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sukoharjo dan staf Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini berlangsung di ruang Rapat Lantai 2, Gedung 2 Bawaslu Kabupaten Sukoharjo pada hari Senin, (24/7/23).

Uswatun Mufidah selaku Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat menjadi pemateri pada kegiatan pembinaan ini. Uswatun menjelaskan secara rinci bagaimana dasar, sistem, hingga upaya pencegahan pelanggaran kode etik. 

Selain itu, Uswatun juga menyampaikan bahwa dalam penerapan kode etik bagi pengawas pemilu perlu diikuti dengan adanya integritas. Integritas yang tidak hanya dibaca dan didengarkan saja, tapi perlu dilaksanakan dan diterapkan. 

Integritas disini sangat diperlukan bagi setiap jajaran pengawasan hingga pelaksanaan proses pemilu agar dapat berjalan dengan lancar dan berhasil.

Terlepas dari penjelasan tersebut Uswatun menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar pengawas pemilu paham mengenai kode etik serta mampu menghindari pelanggaran kode etik. 

Penulis : Alfiah Nur Hidayani