Lompat ke isi utama

Berita

PELATIHAN PUBLIK SPEAKING

SUKOHARJO-- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sukoharjo melaksanakan Peningkatan Kapasitas SDM Staf Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Dalam kegiatan ini Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menghadirkan narasumber dari Akademi Seni Mangkunegaran untuk memberikan pelatihan “Publik Speaking”. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang staf Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, dilaksanakan diruang sidang Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, Rabu (09/03/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto Divisi Pengwasan dan Hubungan Antar Lembaga mengungkapkan kegiatan ini merupakan program serentak dari Bawaslu RI lewat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan kapasitas Staf Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dalam hal Protokoler/MC, karena Bawaslu lembaga Negara sehingga kita bisa mandiri terkait pelaksanaan kegiatan protokoler, Bawaslu seringkali berhubungan dengan lembaga-lembaga yang lain. Diharapkan setelah pelatihan ini ada perubahan di setiap kegiatan menjadi lebih baik, dan penilaian tamu undangan yang menjadi peserta kegiatan akan lebih meningkatkan nilai dari nama lembaga Bawaslu.

Narasumber Pelatihan “Publik Speaking” oleh Tri Yuniarti, SE,MM dosen Akademi Seni Mangkunegaran Prodi Seni Pertunjukan dan Protokoler dalam sesi kali ini materi yang diberikan mengenai terampil berkomunikasi dengan Publik Speaking, dengan Optimalisasi/Peningkatan kemampuan publik speaking (pelatihan, seminar, workshop, Praktik langsung, training, dll) akan menjadi bekal berharga untuk penyampaian Informasi kepada orang lain dan publik. Disampaikan pula kendala Publik Speaking dan cara mengantisipasinya, memahami karakter audiens, memperhatikan penampilan, menghindari filler words (kata pengisi) harus fokus dengan gaya Bahasa, penguasaan materi.

Dalam Pelatihan ini Staf Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mempraktikan secara langsung dengan menjadi MC dalam beberapa acara baik formal, semi formal dan Non Formal.

Penulis Dina Marmiati

Tag
Berita
Sosialisasi