Lompat ke isi utama

Berita

Pelaksanaan Test CAT Calon Panwascam dibagi 4 Gelombang

Sukoharjo- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menggelar tes seleksi rekrutmen petugas calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sukoharjo tahun 2020, Sabtu Desember 2019.

Untuk gelombang I Dijadualkan sejumlah 50 peserta mengikuti tes CAT (Computer Assisted Tes) melalui aplikasi socratrive yang dilaksanakan di 2 ruang laboratorium komputer SMK Negeri 1 Sukoharjo, masing-masing diisi 35 peserta dan 15 peserta.  Adapun sejumlah tersebut diatas, diketahui 5 peserta tidak hadir dan tidak mengikuti tes, sehingga bagi yang tidak mengikuti tes CAT tersebut didapat melanjutkan tes berikutnya dan dianggap gugur.

Terhadap materi tes maupun aplikasi socrative tersebut seluruhnya dikendalikan oleh Bawaslu RI. Ketua Bawaslu Kab. Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan bahwa pelaksanaan tes telah sesuai dengan jadwal yang tercantum pada Surat Keputusan Bawaslu RI sehingga tahapan rekrutmen Panwascam pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sukoharjo tahun 2020, pihaknya telah menyiapkan perangkat komputer untuk memenuhi kebutuhan pada tahapan tes CAT.

Bambang menegaskan terhadap materi soal pada Tes CAT seluruhnya dari Bawaslu RI, sehingga Bawaslu kabupaten hanya melaksanakan sesuai dengan instruksi. tegasnya

Diketahui pada lampiran pengumuman hasil seleksi administrasi calon anggota anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan pelaksanaan tes CAT dilaksanakan pada hari sabtu 14 Desember 2019 yang dibagi menjadi 4 gelombang untuk 193 peserta.

Salah satu Staf Bawaslu Kab. Sukoharjo Dwi Setyono saat memberikan pemahaman penggunaan aplikasi socrative pada pelaksanaan Tes CAT

Sementara Ketua Pokja Pembentukan panwascam sekaligus anggota Bawaslu kordiv. Organisasi dan SDM Kab. Sukoharjo Uswatun Mufidah mengatakan bahwa pembetukan panwascam dilaksanakan dengan tes CAT yang berbasis computer. Sehingga diharapkan proses berlangsung lebih objektif dan transparan serta memastikan calon panwascam dapat nenggunakam teknologi informasi dengan baik dalam pengawasan nantinya. tuturnya

Sampai berita ini dirilis, sedang berlangsung gelombang II diharapkan prosesnya berjalan lancar. Salah satu peserta asal Kecamatan Bendosari Anung Joko Susanto mengaku telah menyiapkan segala sesuatunya seperti belajar tentang pemilu, sistem peloporan pelanggaran. Ia juga mengatakan bahwa sistem yang diterapkan cukup bagus, materi tes dalam CAT dapat mengukur kemampuan seseorang terkait peraturan undang-undangan dalam penyelenggaraan pemilu.

Tag
Berita