Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Menjadi Narasumber Acara Tribun Forum “Sosialisasi Tahapan Pemilu”

Sukoharjo- Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto menjadi narasumber pada acara Tribun Forum yang digelar Tribun Jateng di Kantor Sekretariat KPU Sukoharjo, dengan tema Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 Kabupaten Sukoharjo, selain Ketua Bawaslu juga turut hadir Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda menjadi Narasumber dengan host Elsa Elningtyas Reporter Tribun Jateng, Jumat(15/7/2022).

Bambang Muryanto menjelaskan bahwa Bawaslu selain memastikan KPU melaksanakan penyelenggaran Pemilu berjalan sesuai dengan  regulasi, juga mempublikasikan mengenai pemantau pemilu. Secara umum Bawaslu bertugas melakukan pencegahan, melakukan penanganan pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa proses Pemilu. Dalam Penanganan Pelanggaran meliputi Pelanggaran administrasi, Pelanggaran Pidana yang akan melibatkan Gakkumdu dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan, serta Penanganan Pelanggaran hukum lainya akan tetapi pada dugaan pelanggaran hukum lainnya, Bawaslu hanya melakukan penerusan terhadap tindakan yang diduga melanggar selain undang-undang pemilu,

Bambang Muryanto juga mengajak kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemantauan Pemilu, Bawaslu Kabupaten Sukoharjo telah membuka meja bantuan Pemantau Pemilu untuk mempermudah calon Pemantau Pemilu memperoleh akreditasi.

Nuril Huda mengatakan bahwa sesuai dengan PKPU No. 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu tahun 2024, saat ini masuk perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu. 

Nuril Huda uga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyusunan daftar pemilih yang di update setiap bulan pada Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dengan cara melaporkan apabila ada anggota keluarga yang berusia 17 tahun  atau ada yang menginggal dunia.  Masyarakat juga dapat mengecek Daftar pemilih melalui aplikasi Lindungi Hakmu.

Tag
Berita