Lompat ke isi utama

Berita

Kelompok Perempuan dari Komunitas Cakruk Lakukan Senam Sehat

Sejumlah kelompok perempuan polokarto semangat mengikuti  senam sehat di sepanjang jalan Cakruk Pengawasan. Kegiatan tersebut berlangsung minggu pagi 3 November 2019. Senam sehat tersebut merupakan inisiatif dari Komunitas Cakruk Pengawasan untuk merangkul masyarakat sekaligus sebagai relawan pengawas partisipatif pada setiap penyelenggaraan pemilihan.

Senam sehat merupakan salah satu program pengembangan Cakruk Pengawasan, sebagaimana di desa jatirejo kecamatan polokarto telah terbentuk komunitas pengawas partisipatif yang bernama Cakruk Pengawasan saat pelaksanaan pemilu 2019 yang lalu.

Dikatakan Ketua Cakruk Pengawasan Susilo Triatmojo bahwa agenda rutin cakruk pengawasan adalah dialog terkait penyelenggaraan pemilihan yang dilakukan setiap hari senin sore. Dalam agenda dialog tersebut selalu mengundang dari berbagai pimpinan organisasi kemasyaratakan yang ada di wilayah sukoharjo. Dengan adanya dialog tersebut diharapkan dapat mengedukasi warga masyarakat terkait proses tahapan penyelenggaraan pemilihan baik pemilu maupun pilkada. katanya

Salah satu pengurus cakruk pengawasan bidang perempuan Saroni Leti Utami mengungkapkan seluruh Peserta senam sehat adalah ibu-ibu dan kelompok perempuan kita undang secara khusus dalam kegiatan yang dapat di integrasikan antara olahraga dengan kegiatan pengawasan pada tahapan penyelenggaraan pengawasan pemilihan baik pemilu maupun pilkada.

usai melakukan senam sehat peserta melakukan foto bersama di Cakruk Pengawasan.

Leti menilai terhadap kegiatan senam sehat tersebut dapat dilihat antisias warga cukup tinggi serta mendapat respon yang cukup baik, sehingga cakruk pengawasan akan mengembangkan programnya sebagai ajang untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Dan kegiatan senam ini merupakan pelaksnaan kedua kalinya dan seluruh biaya program cakruk pengawasan didapat dari swadaya yang diperoleh dari iuran anggotanya.

Ditempat terpisah Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mengapresiasi dan mendukung program dari komunitas cakruk pengawasan, kegiatan senam sehat ini diharapkan menjadi instrument sebagai gerakan pengawasan partisipatif. “semangat menggelorakan pelibatan masyarakat terus akan dilakukan dalam kegiatan pengawasan pemilu. katanya

Tag
Berita