Lompat ke isi utama

Berita

Bimtek Pengelolaan Kearsipan

Sukoharjo—Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Sukoharjo pada Senin, 30 Mei 2022 menyelenggarakan bimbingan teknis kepada seluruh staf teknis Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Sukoharjo mengenai Pengelolaan Kearsipan yang dilaksanakan di ruang sidang Bawaslu Kab. Sukoharjo.

Berdasarkan Peraturan Ketua Bawaslu Nomor 10 Tahun 2020, Arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara,pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kegiatan Bimbingan Teknis dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto, ST, MH. Menyampaikan kepada seluruh staf teknis diharapkan mampu mengevaluasi tata cara pengarsipan dan terus melakukan perbaikan setelah kegiatan bimbingan teknis selesai.

Narasumber kegiatan bimbingan teknis pengelolaan kearsipan Fadlilah Kusmarni, SIP selaku Arsiparis Madya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa Pengelolaan kearsipan dalam lembaga pemerintahan merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan dengan tertib dan penuh tanggungjawab. Bawaslu wajib mengelola arsip dinamis karena arsip dinamis mengandung informasi yang dapat digunakan sebagai pertanggungjawaban kepada publik khususnya dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

Fadlilah Kusmarni menambahkan bahwa penggunaan arsip dinamis diperuntukkan bagi kepentingan pemerintahan dan masyarakat. Unit Kerja juga wajib memberikan pelayanan informasi publik melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). PPID dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas, PPID dibantu oleh pejabat fungsional di Badan Publik yang bersangkutan.

Oleh karena itu diharapkan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mampu menyajikan informasi yang akurat kepada masyarakat melalui ketertiban pengelolaan kearsipan sebagai sumber data.

Penulis : Wahyuni, S.Ak

Tag
Berita