Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Kepada Pemilih Pemula

Bawaslu Sukoharjo Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Kepada Pemilih Pemula

Bawaslu Sukoharjo Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Kepada Pemilih Pemula

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menjadi narasumber dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Suara Demokrasi” bagi pemilih pemula SMAN 1 Weru Kabupaten Sukoharjo.kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang dilaksanakan di SMAN 1 Weru Kabupaten Sukoharjo, Jum’at (03/11/2023).

Bawaslu Sukoharjo Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Kepada Pemilih Pemula 2

Kepala Sekolah SMAN 1 Weru Sumarman menyampaikan sambutannya tentang pentingnya partisipasi pemilih terutama generasi muda sebagai sarana menyalurkan aspirasi dan sebagai wujud tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus membuka acara kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi ice breaking dari mahasiswa magang UNS.

Dalam kesempatannya Dwi Setyono selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sukoharjo menyampaikan materi terkait gambaran umum mengenai Politik, pengertian Pemilu dan Pilkada, Syarat Peserta Pemilu, dan Alat Peraga Pemilu. Kemudian   Dwi Setyono  juga  menjelaskan  tentang  unsur pemilu,   pemilih, penyelenggara tahapan pemilih, sarana pemilu, petugas dan pengawas pemilu serta tata cara dalam pemilu.

Dijelaskan juga berbagai larangan dalam pemilu, mulai dari black campaign, penyebaran hoax, politik uang, hingga tidak bolehnya ASN, TNI, dan Polri ikut serta dalam kampanye atau mempublikasikan keberpihakannya pada salah satu calon di khalayak umum (hal ini bisa disebut dengan netralitas ASN).

Kegiatan ditutup dengan sesi game, tanya jawab, dan diskusi aktif dari para hadirin, tanya jawab ini meliputi pengertian Pemilu dan Pilkada, pengertian KPU dan Bawaslu beserta fungsinya, dan asas pemilu.