Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo Ikuti Rakornas Pengawasan Kampanye dan Dana Kampanye

25 September 2020 Bawaslu Kabupaten Sukoharjo mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kampanye dan dana Kampanye.

Kegiatan ini diisi oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Mochammad Afifuddin dan Koordinator Divisi Hukum Fritz E. Siregar, kemudian dari KPU RI , Kominfo, PPATK , KPI serta Dewan Pers.

Adapun yang mengikuti kegiatan ini adalah Koordinator  Divisi Pengawasan dan  Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi yang menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 dan Ketua dan Koordinator  Divisi Pengawasan dan  Hubungan antar Lembaga Tingkat Kabupaten/Kota yang menyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Bahwa Kampanye Pemilihan dilaksanakan pada hari setelah Penetapan Pasangan Calon Pemilihan sampai dengan dimulainya masa tenang oleh karenanya Kampanye akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 sampai dengan 05 Desember 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman bersama berkaitan dengan pola-pola pelanggaran kampanye dan Dana Kampanye Pemilihan serentak Tahun 2020, serta membangun sinergitas komitemen bersama Bawaslu dan lembaga-lembaga terkait dalam melakukan pengawasan dan pennganan pelanggaran kampanye dan dana kampanye sesuai koridor masing- masing lembaga.

Berkaitan dengan Pengawasan kita harus menyesuaikan dengan Protokol kesehatan. Dalam kesempatannya M.Afifudin mengatakan bahwa Kegiatan Pengawasan yang wajib memenuhi standar Protokol Kesehatan dalam kampanye antara lain Tatap muka secara langsung didalam ruangan, tatap muka secara langsung diluar ruangan, pengumpulan orang dalam jumlah tertentu dan/atau penyampaian dan penyimpanan berkas.

Turut bergabung juga saat ditengah rakor ini Abhan ketua Bawaslu RI menambahkan bahwa kampanye Pilkada 2020 ini berbeda dengan kampanye-kampanye sebelumnya, yaitu mengenai persoalan pengawasan protocol covid-19. Tugas Bawaslu bertambah selain pengawasan electoral juga non electoral.

Bawaslu Sukoharjo melalui daring via Zoom meeting diikuti oleh Anggota Bawaslu Sukoharjo Eko Budiyanto, Muladi Wibowo dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto

Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kampanye dan dana Kampanye ini diselenggarakan oleh Bawaslu RI melalui daring via zoom dengan memperhatikan protocol covid-19

Tag
Berita
Pengawasan
Sosialisasi