Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo : Diskusi Kepemimpinan dan Politik di IMM

SUKOHARJO—Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Bambang Muryanto, ST, MH menjadi narasumber dalam acara Pembukaan dan Stadium general Musyawarah Cabang XXVI Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Sukoharjo pada Selasa, 29 Maret 2022 di Gedung Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dengan mengangkat tema “Resiliensi Kepemimpinan, Menyongsong, Kemandirian”, kegiatan tersebut bertujuan mengevaluasi kinerja kepemimpinan sehingga menjadi kepemimpinan yang mempunyai kelebihan kemampuan yang adaptif dalam semua tantangan terutama era digitalisasi serta mampu menjadi awal terbentuknya jiwa kemandirian.


Dalam penyampaian materinya Bambang Muryanto mengungkapkan dalam perkembangannya generasi millenial kisaran tahun 1980-awal 2000an memiliki karakteristik yang mudah beradaptasi, melek teknologi, berpikiran terbuka, suka dengan yang serba cepat dan instan, memilih pengalaman daripada aset, kritis terhadap fenomena sosial, mudah bosan, mudah berbagi cerita di medsos. Sehingga diharapkan generasi millennial ini mempunyai peran penting dalam Pemilu, dapat berkiprah baik sebagai penyelenggara, peserta ataupun ikut berpartisipasi dalam proses penyelenggara pemilu. Milenial bisa melibatkan diri menjadi bagian dari penyelenggara. Mulai dari tingkat TPS sampai PPK. Demikian juga pada bagian pengawasan, bisa menjadi PPL hingga panwascam. Bahkan ikut mencegah serta melaporkan terkait dugaan pelanggaran pemilu.


Tambahnya, Generasi muda milenial harus paham Politik, karena generasi muda millenial merupakan generasi penerus bangsa. Meneruskan estafet politik di negara, mengatur dan membuat kebijakan yang lebih baik. Pemuda adalah harapan untuk memperbaiki politik di masa depan.

Penulis Dina marmiati

Tag
Berita