Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sukoharjo Awasi tahap Sosialisasi dan Persetujuan Desain Dummy Surat Suara

Jumat, 9 Oktober 2020 Anggota Bawaslu Uswatun Mufidah menghadiri undangan KPU Kabupaten Sukoharjo Nomor 114/PL.02.6-Und/3311/KPU-Kab/X/2020 dengan agenda Sosialisasi dan Persetujuan Desain Dummy Surat Suara.

Turut hadir Paslon 1 Calon Etik Suryani, SE, MM dan Drs. Agus Santosa, serta Paslon 2 Joko Santosa, S.Pd, MM dan Wiwaha Aji Santosa, S.Pd Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo Tahun 2020 dan LO masing-masing Paslon.

  • Saat Sosialisasi dan Persetujuan Desain Dummy Surat SuaraSaat Sosialisasi dan Persetujuan Desain Dummy Surat Suara

Acara dibuka dan dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo Nuril Huda, “template desain surat suara dar KPU RI dan desainnya sudah ada logo Garuda dan ada 9 (Sembilan) kunci keamanan untuk mengantisipasi penggandaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, hanya pihak KPU yang mengetahuinya. Desain surat suara dari segi keamanan dan ukuran tidak bisa berubah.

Lanjutnya, Nuril Huda memperlihatkan desain surat suara ke masing-masing Paslon untuk di periksa dan kalau ada revisi bisa disampaikan maksimal tanggl 11 Oktober 2020 desain harus sudah di KPU RI untuk dicetak. Nantinya cetakan pertama akan dimintakan persetujuan lagi.

Paslon 1 mengatakan tidak ada masalah dengan desain dari KPU, kemudian Paslon 1 menandatangani surat persetujuan desain surat suara.

Paslon 2 mengatakan ada sedikit yang harus direvisi, masukan akan segera disampaikan ke KPU Kabupaten Sukoharjo.

Uswatun Mufidah Anggota Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, mengatakan Bawaslu dalam pengawasan memastikan bahwa kedua paslon tidak ada keberatan terhadap desain dan tampilan, foto, nama, dan yang dipakai dalam surat suara tersebut,  Paslon  yang revisi Desain Surat Suara agar segera di selesaikan dan dimasukan di KPU Kabupaten Sukoharjo.

Lanjutnya, Serta memastikan bahwa Surat Suara yang dipersiapkan  oleh KPU Kabuapaten Sukoharjo, baik ukuran, bahan, warna,  sesuai dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 setelah nanti DPT ditetapkan dan diketahui jumlah Surat Suara yang dicetak, segera ada pemberitahuan dari KPU Kabupaten Sukoharjo terkait Percetakan Surat suara.

Penulis Dina Marmiati

Tag
Berita
Pengawasan
Sosialisasi