Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab. Sukoharjo terbitkan Buletin Edisi 4 tahun 2021 ” Kawal Demokrasi”

Sukoharjo- Usai Pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Buapti kabupaten Sukoharjo, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo menerbitkan Buletin sebagai catatan dan evaluasi hasil Pengawasan yang dilakukan. Bulletin tersebut merupakan edisi Keempat yang telah dikeluarkan oleh Bawaslu Kabupaten Sukoharjo.

Buletin Edisi 4 bertemakan Kawal Demokrasi, adapun buletin tersebut merupakan catatan hasil pengawasan oleh Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020.

Dalam bulletin tersebut Bawaslu kab. Sukoharjo dalam pelaksanaan tugasnya telah melakukan rangkaian pengawasan selama tahapan. Selain itu termuat beberapa capaian yang telah dilakukan baik yang disajikan berupa berita maupun karya tulis oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Sukoharjo.

Buletin “Kawal Demokrasi” Edisi 4 Tahun 2021 menyuguhkan Sajian Utama terkait Catatan Hukum dan Evaluasi Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Evaluasi Pengelolaan SDM dalam Pilkada Serentak Tahun 2020.Opini Pemilu terkait dengan Peta Potensi Masalah Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, Mengurai Masalah Daftar Pemilih, Kotak Kosong dan Demokrasi. Sajian Khusus terkait dengan Penyelesaian Sengketa Acara Cepat Pintu Gerbang Keadilan Pemilihan, Bawaslu Peduli. Pengawasan Paertisipatif terkait dengan Launching Jagongan Demokrasi, Bawaslu RI Menyapa Polokarto. Bawaslu Kabupaten Sukoharjo Raih 4 Penghargaan Kehumasan, Desa Anti Politik Uang dan Desa Pengawasan 2021.

Hal yang menarik dalam bulitin tersebut, dalam judul Catatan Hukum dan Evaluasi Pilkada Serentak Tahun 2020 bahwa Pemilihan serentak tahun 2020 dilaksanakan di masa pademi covid-19, yang pada prinsip pelaksanaannya dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan. Sehingga protokol kesehatan menjadi SOP utama dalam pelaksanaan setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan pilkada serentak tahun 2020. Dan pelaksanaan Protokol kesehatan dalam setiap tahapan juga merupakan salah satu fokus pengawasan dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020. Ini merupakan sejarah baru, bahwa Bawaslu selain melakukan pengawasan terhadap peraturan pemilihan juga melakukan pengawasan dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran peraturan perundangan lainnya.

Tag
Berita