Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab. Sukoharjo Awasi Ketat Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten

Seluruh Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo awasi secara ketat terhadap Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kabupaten Sukoharjo yang di gelar di di Hotel Brothers Solo Baru. Kamis, 2 Mei 2019.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara pada 12 Kecamatan tersebut ditargetkan selesai dalam 3 hari, kegiatan tersebut di mulai hari kamis hingga sabtu. Pelaksanaan tersebut dilakukan dengan penghitungan lima jenis suara per kecamatan serta dibacakan langsung oleh PPK masing-masing mulai dari Suara Perolehan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Dalam proses pengawasan terhadap Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara harus mengedepankan ketertiban, keterbukaan serta kepentingan umum hal ini bertujuan untuk memastikan agar rekapitulasi berlangsung sesuai aturan dan mencegah terjadinya kelalaian atau kesalahan sesuai prinsip jujur dan adil.

Ketua Bawaslu Kab. Sukoharjo Bambang Muryanto mengaku pihaknya secara langsung akan melakukan pengawasan serta mencermati hasil dari rekapitulasi di kecamatan. Pengawasan tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan misalnya ada kesalahan data.

Dijelaskan Bambang, pada hari pertama pelaksanaan rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara di Kecamatan Weru terdapat ketidaksesuaian data pada Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb). Perbedaan tersebut pada Model DA1-PPWP dengan Model- DA1 DPR, Model- DA1 DPD,  Model- DA1 DPRD Provinsi, Model- DA1 DPRD Kabupaten. Dimana jumlah data pemilih DPTb untuk Model DA1-PPWP sejumlah 50 Pemilih dan di Model lain hanya 49 pemilih, sehingga terdapat selisih 1 Pemilih.

Pelaksanaan rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara untuk Kecamatan Weru sempat dihentikan sementara. Setelah lebih dari 1jam rekapitulasi kemabali dilanjutkan, melalui ketua KPU Kab. Sukoharjo Nuril Huda menjelaskan terdapatnya selesih karena untuk kecamatan Weru dilakukan Pemungutan Suara Ulang untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sehingga mengakibatkan jumlah pemilih bertambah pada DPTb.

Suasana sebelum dimulai pelaksanaan Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Hotel Brothers Kamis, 02 Mei 2019

Hingga saat ini kegiatan masih berlangsung untuk Kecamatan Tawangsari. Adapun jadwal kegiatan adalah sebagai berikut :

  • Hari Kamis, 2 Mei 2019 Kecamatan Weru, Kecamatan Bulu, Kecamatan Tawangsari, Kecamatan Sukoharjo, Kecamatan Nguter, Kecamatan bendosari;
  • Hari Jum'at 3 Mei 2019 Kecamatan Polokarto, Kecamatan Mojolaban, Kecamatan Grogol
  • Hari Sabtu 4 Mei 2019 Kecamatan Baki, Kecamatan Gatak, Kecamatan Kartasura
Tag
Berita