Lompat ke isi utama

Berita

13 Tahun Berjalan, Bawaslu Perlu Tingkatkan Kapasitas

Sukoharjo- Perjalanan panjang 13 tahun Bawaslu tentu penuh dengan catatan, kritik dan masukan dari masyarakat. Ide-ide mengembalikan pengawasan pemilu kepada masyarakat dan menjadikan Bawaslu sebagai lembaga peradilan pemilu mewarnai dinamika Bawaslu. Rahmad Bagja menyampaikan yang paling penting kedepan adalah menyiapkan seluruh proses kesiapan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia, 2024 sudah didepan mata tahapannya .

Bagja berpesan untuk melihat evaluasi Bawaslu terhadap pemilu 2019 dan pilkada 2020 yang lalu. Harus bisa dipastikan sebuah program untuk peningkatan kapasitas , fasilitas dan infrastruktur yang kuat bagi Bawaslu dalam melaksanakan tugas dan fungsnya.

“Salah satu evaluasi yang akan dilakukan kedepan, berkaitan dengan peningkatan kapasitas untuk perbaikan-perbaikan yang akan datang”. tuturnya dalam kegiatan bersama Bawaslu Kabupaten Sukoharjo di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Sabtu (11/4/2021)

Bagja beranggapan peningkatan kapasitas yang sebelumnya belum sesuai harapan. Peningkatan kualitas SDM dalam melakukan fasilitasi terhadap penangan pelanggaran, penyelesaian sengketa belum optimal, sehingga diharapkan ada peningkatan kapasitas baik dari Komisioner maupun staff dalam membantu melaksanakan tugas dan fungsi Komisioner di Bawaslu.

Selain meningkatan kapasitas, Bawaslu harus melakukan publikasi terhadap kinerjanya.  Bagja pada kesempatannya berpesan terhadap Bawaslu Kabupaten Sukoharjo dan Bawaslu Provinsi agar bisa memberitakan kinerjanya sesuai yang diharapkan oleh masyarakat, semua pertanyaan di masyarakat harus terjawab, tuturnya.

Tag
Berita
Sosialisasi